3 Hal Penting Orang Tua Harus Kuasai Sebagai Kunci Keberhasilan Cara Mendidik Anak

belajar sambil bermain https://www.facebook.com/FrisoIndonesia/

Merasa gagal mendidik anak? Jangan menyerah dulu. Mungkin ibu sudah menguasai semua hal seputar cara mendidik anak. Akan tetapi, jika sepertinya cara tersebut tidak membuahkan hasil atau ibu kurang puas dengan hasil yang ibu dapatkan, maka ibu harus melakukan review tentang apa yang sudah ibu lakukan.

Bukan review tentang tips mendidik anak ya, tapi review hal-hal yang mungkin belum ibu ketahui. Semua tips mendidik anak itu bagus. Yang perlu ibu lakukan hanyalah bagaimana cara mengoptimalkan cara tersebut sehingga tips tersebut membuat anak ibu baik, sopan, cerdas, dan pintar. Dan yang paling penting lagi, anak menjadi penurut kepada orang tua. Bukankah itu yang ibu inginkan?

Oleh sebab itu, setidaknya ada 3 hal yang harus ibu kuasai.

  1. Mengontrol Emosi

Jika ibu lebih sering memarahi si kecil, maka tidak mengagetkan jika anak ibu sudah diatur. Sering kali orang tua marah kepada anaknya saat kamar berantakan. Ketika makan, nasinya berada di lantai. Minuman ditumpahkan ke atas lantai sehingga rumah menjadi berantakan.

Jika ibu memarahi si kecil, maka anak ibu justru akan meniru ibu. Ia terbiasa melihat ibu marah dan ia juga akan menirukan hal tersebut. Selain itu, anak juga bisa menjadi takut dan tidak berani melakukan eksplorasi. Ia cenderung tidak berani melakukan apapun.

Akan lebih baik jika ibu belajar mengontrol emosi. Saat si kecil melakukan hal yang salah, jangan marah. Ibu harus memberikan nasehat kepada si kecil bahwa yang ia lakukan tidak salah. Dan mintalah si kecil untuk tidak melakukannya lagi. Bukankah cara ini lebih baik?

  1. Memperkuat Jalinan Emosional

Berapa jam waktu yang ibu berikan kepada sang buah hati setiap hari? Jika ibu selalu sibuk dengan urusan sendiri atau pekerjaan setiap hari, bukan tidak mungkin anak tidak akan mau mendengarkan apa yang ibu katakan.

Memperkuat jalinan emosional menjadi sangat penting agar ibu lebih mudah mengotrol sang buah hati. Anak akan mendengarkan apa yang ibu nasehatkan kepadanya. Dan cara menjalin emosional yang paling mudah dan efektif adalah selalu memberikan waktu setiap hari untuk berkomunikasi dengan si kecil. Setidaknya ada quality time satu jam setiap hari untuk berbincang dengan anak. Bicarakan topik apapun seperti aktivitas setiap hari, membacakan buku cerita, dan lain-lain. Yang pasti, ibu memiliki quality time bersama si kecil.

  1. Pintar Mengajak Bermain

Jika ibu merata tidak memiliki pengetahuan tentang permaian dengan anak kecil, maka ibu harus cari tahu. Karena hanya dengan mengajak anak bermain, anak akan merasa gembira. Saat suasana hati gembira, maka ia mudah sekali belajar.

Anak kecil mudah sekali menyerap pelajaran baru karena mereka belajar dengan rasa senang. Akan lebih baik jika ibu menerapkan cara belajar yang menyenangkan. Jadi, anak tidak akan merasa terbebani saat ia belajar.

Sebenarnya, menjadi orang tua itu menyenangkan jika ibu tahu cara mendidik yang tepat. Sayangnya, banyak orang tua yang terlalu sibuk dengan pekerjaan atau dengan urusannya sendiri sehingga menyerahkan urusan mendidik anak kepada baby sitter atau pihak sekolah saja.

Padahal, tempat pertama anak mendapatkan pelajaran adalah di rumah. Dan siapa gurunya? Tidak lain adalah ibu sebagai orang tua. Hal inilah yang harusnya ibu pahami betul-betul.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*