3 Gerakan Sederhana Senam Hamil Yang Kaya Manfaat

Senam Ibu Hamil Source: thelifenews.com

ceritawanitamodern.com – Banyak cara menjaga kehamilan. Salah satunya dengan secara rutin melakukan senam hamil. Apakah ibu sudah melakukan kegiatan yang satu ini?

Banyak ibu hami yang tidak melakukan senam khusus kehamilan tersebut. Alasannya bermacam-macam. Ada yang terlalu sibuk dengan pekerjaan, tidak memiliki waktu untuk ikut program senam ibu hamil, atau ada juga yang memang malas melakukan kegiatan tersebut. Jika ibu memiliki keinginan untuk melakukan senam, sebenarnya ibu tidak harus ikut kelas senam kehamilan. Ibu bisa pelajari gerakan-gerakan senam sendiri dan pratekkan di rumah setiap hari.

Meskipun demikian, tetap saja ibu harus konsultasikan dengan dokter kandungan terlebih dahulu. Hal ini penting untuk ibu lakukan agar memastikan apakah rahim dan juga janin di dalam kandungan tidak mengalami masalah jika ibu melakukan senam untuk ibu hamil.

Dan satu hal lagi yang harus ibu ketahui. Gerakan-gerakan senam ibu hamil memang ada yang sedikit berbahaya. Dan inilah yang membuat banyak ahli kesehatan ibu hamil menyarankan agar melakukan senam di bawah bimbingan instruktur serta mengenakan kostum senam ibu hamil yang nyaman dikenakan. Namun, gerakan-gerakan sederhana berikut ini sangat aman untuk dilakukan setiap hari tanpa harus diawasi oleh instruktur profesional.

  1. Posisi Duduk Bersila

Apakah ini termasuk bagian dari gerakan senam kehamilan? Tentu saja. Duduk bersila merupakan gerakan paling dasar dalam senam kehamilan. Tujuannya agar tubuh rileks, pikiran tenang, dan ibu siap untuk melakukan gerakan-gerakan selanjutnya.

Bisa dikatakan duduk bersila itu gerakan pemanasan. Gerakan ini sangat penting agar menghindarkan hal-hal yang membahayakan ketika melakukan gerakan senam kehamilan lainnya.

Akan tetapi, ibu tidak hanya duduk dengan posisi bersila saja. Pastikan kedua tangan ibu berada di sebelah sisi tubuh dan telapak tangan menempel pada lantai. Ibu bisa angkat tangan ke arah kepala sambil mengambil dan mengeluarkan nafas.

  1. Posisi Berbaring

Gerakan ini biasanya dilakukan oleh ibu hamil tua. Jika masa kehamilan ibu sudah mencapai usia trimester ketiga, gerakan ini sangat disarankan untuk dilakukan.

Ibu bisa lakukan posisi berbaring menghadap ke atas sambil meluruskan kaki ke atas secara bergantian. Atau ibu bisa berbaring ke samping dengan menaikkan kaki ke atas secara bergantian. Lakukan secara santai sambil menarik nafas.

  1. Posisi Terlentang

Kekuatan pinggul sangat dibutuhkan untuk memastikan ibu bisa melahirkan secara normal dan lancar. Dan untuk melatih otot pinggang, ibu bisa lakukan gerakan terlentang sambil mengangkat perut dan pantat ke atas. Pastikan tangan ibu memegang tumit sehingga semakin tinggi ibu bisa mengangkat tubuh bagian perut.

Jika ibu melakukan 3 gerakan tersebut secara rutin, maka ibu akan sehat dan bugar. Dan lebih dari itu, gerakan senam ibu hamil tersebut akan membuat tubuh ibu semakin siap untuk melakukan persalinan secara normal.

Ibu bisa pelajari lebih banyak lagi gerakan-gerakan senam kehamilan di situs www.ibudanbalita.com. Di sana, ada beberapa gerakan yang dijelaskan secara lebih detail lengap dengan manfaat melakukan gerakan tersebut.

Sebenarnya di situs tersebut, ibu juga bisa mendapatkan informasi kesehatan ibu hamil. Ibu juga bisa konsultasi dengan dokter kandungan. Jika ibu memiliki keluhan kesehatan, maka ibu bisa tanyakan langsung melalui situs tersebut. Menarik, bukan?

Menyiapkan diri agar bisa melakukan persalinan secara normal adalah hal yang sangat penting. Dan salah satu cara yang paling tepat untuk melakukan hal tersebut adalah dengan melakukan senam hamil.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*