3 Fakta Menarik Mungkin Anda Belum Tahu Seputar Perkembangan Janin

perkembangan janin www.facebook.com/ibudanbalita

Perkembangan janin itu dikatakan normal jika ada gerakan ibu rasakan. Namun, ternyata ada hal lain yang dilakukan oleh janin ketika sedang dalam pertumbuhan di dalam rahim. Sayangnya, tidak semua kegiatan sang buah hati di dalam kandungan bisa ibu rasakan.

Berikut 3 fakta menarik mengenai perkembangan bayi dalam rahim yang patut Anda simak.

Janin Bisa Menggunakan Indra Peraba

Tahukah ibu ternyata janin yang ada di dalam kandungan ibu sudah bisa menggunakan indra peraba? Fakta ini memang tidak bisa dibuktikan secara kasat mata. Harus menggunakan alat medis yang canggih jika ibu ingin melihat bayi ibu sudah menggunakan indra perabanya.

Hanya saja, respon secara fisik juga kadang muncul. Ibu mencoba untuk menyentuh bagian perut ibu menggunakan tangan. Maka biasanya ada respon yang dilakukan oleh janin. Ibu mungkin akan merasakan tendangan dan genggaman.

Namun, jika sentuhan menggunakan bibir, maka seolah-olah janin ibu akan ber acting seolah-olah ingin menghisap juga.

Keadaan seperti ini sudah muncul ketika masa kehamilan sudah masuk pada tri semester kedua. Pada masa ini, perkembangan janin sudah sangat terlihat secara signifikan. Hanya saja, jika janin ibu tidak berkembang secara normal, mungkin gerakan janin seperti tersebut di atas tidak ibu rasakan.

Janin Bisa Menggunakan Indra Perasa

Selain bisa menggunakan indra peraba, ternyata janin juga bisa menggunakan indra perasa. Fakta menarik ini bisa ibu lihat walaupun masih dalam masa hamil muda. Peneliti mengatakan pada saat janin baru berusia 16 minggu, janin sudah bisa merasakan asinnya air ketuban.

Jika ibu ingin melihat kegiatan menghisap air ketuban tersebut, ibu harus pergi ke dokter kandungan dan melakukan pemeriksaan USG. Hanya dengan menggunakan inilah ibu bisa melihat sang buah hati yang masih ada di dalam kandungan ibu menggerak-gerakkan mulutnya dan menghisap air ketuban.

Janin Bisa Mendengar

Fakta yang satu ini ibu pasti sering dengar bawasannya janin di dalam kandungan sudah mampu mendengar suara dari luar. Itulah mengapa para ahli kesehatan janin sangat menyarankan ibu hamil untuk lebih sering berbicara dengan sang buah hati. Berbicara akan membuat janin belajar dan memperkuat sistem pendengarannya.

Sementara itu, memperdengarkan lagu klasik juga sangat bermanfaat. Jadi, sangat beralasan jika lagu klasik sangat berpengaruh pada kecerdasan bayi walaupun masih dalam kandungan. Perkembangan janin jelas dipengaruhi oleh apa yang ia dengar selama masih di dalam rahim. Dan memperdengarkan musik klasik ini akan memberikan pengaruh positif pada perkembangan bayi, terutama perkembangan otak.

Akan tetapi, akan lebih baik jika ibu sendiri yang berinteraksi dengan sang bayi. Ibu bisa menyanyi atau sekedar mengajak mengobrol. Memang sang bayi tidak bisa menjawab. Sesekali sang bayi akan memberikan respon berupa gerakan.

Itulah beberapa fakta menarik yang sebaiknya ibu ketahui tentang perkembangan janin. Pada dasarnya janin yang masih di dalam kandungan itu sudah menjadi manusia. Beberapa alat indra janin sudah bisa bekerja. Hanya saja kemampuannya masih terbatas.

Orang Jawa sering menasehati ibu yang sedang hamil agar tidak sering-sering mendengarkan cerita jelek atau gosip. Hal itu bukan tanpa alasan. Seperti yang ibu ketahui, janin bisa mendengarkan apa yang sedang ibu katakan. Dan memperdengarkan hal-hal yang baik akan lebih bermanfaat untuk perkembangan janin.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*