3 Cara Menjaga Kehamilan Yang Wajib Diperhatikan Pada Masa Kehamilan Pertama

cara menjaga kehamilan https://www.facebook.com/ibudanbalita

Cara menjaga kehamilan sangatlah penting, khususnya bagi ibu yang pertama kali mengandung buah hati.

Ya, di awal kehamilan, calon ibu banyak dipusingkan dengan berbagai hal. Tentunya untuk menjaga kandungannya supaya tetap sehat, dan nantinya terlahir dengan sempurna.

Contohnya adalah apa yang seharusnya dilakukan, kemudian pantangan apa saja yang seharusnya ditaati supaya kandungannya tetaplah aman.

Jika Ibu baru saja mengandung, artinya pertama kali mengandung buah hati, kebingungan memang selalu dirasakan. Namun bagi Ibu yang sudah pernah mengandung, jelas informasi mengenai tips menjaga kehamilan ini agaknya tidak terlalu difikirkan.

Alasannya tentu saja Ibu sudah memahami apa yang harus dilakukan untuk menjaga buah hati tersebut.

Namun tidaklah mengapa jika Ibu juga menengok informasi ini. Siapa tahu ada informasi yang belum Ibu sadari selama ini. Jadi, mari perhatikan ulasan bagaimana cara menjaga kehamilan di bawah ini!

Perhatikan Asupan Makanan

Asupan makanan diperlukan setiap harinya, entah Ibu sedang mengandung atau tidak. Kadarnya juga berbeda.

Jika asupan makanan hanya sepersekian persen di masa sebelum hamil, maka asupan ini akan ditingkatkan ketika mulai muncul tibu-tibu kehamilan.

Tujuan dari pemberian asupan tambahan ini adalah untuk merangsang pertumbuhan janin. Dan tentunya untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti keguguran.

Nah, asupan makanan yang perlu ditambahkan adalah zat besi. Zat besi ini berperan penting dalam menjaga janin supaya tetap sehat.

Bahkan menurut informasinya, kekurangan zat besi ini bisa menimbulkan keguguran sehingga wajar bila Ibu disarankan untuk menambah asupan zat besi ini melalui sejumlah makanan.

Selain bisa menimbulkan keguguran, resiko lain yang akan muncul ketika ibu kekurangan zat besi adalah melahirkan buah hati dalam keadaan premature, bahkan akan melahirkan buah hati dalam keadaan fisik yang kurang.

Oleh karenanya, sudah semestinya jika Ibu mulai saat ini memperhatikan asupan zat besi yang lebih banyak, dan asupan lain yang baik untuk ibu dan janin yang dikandungnya.

Hentikan Aktifitas Berat

Beraktifitas boleh-boleh saja, malahan dianjurkan untuk ibu hamil. Namun aktifitas ini tidak boleh yang memberatkan karena normalnya ibu hamil akan mudah lelah.

Kelelahan ini nantinya akan berpengaruh pada menurunnya kondisi tubuh. Dan bila kondisi tubuh menurun, akibatnya adalah terganggunya janin yang ada di dalam kandungan.

Nah, supaya Ibu tidak mengalami masalah tersebut, mulai saat ini hentikanlah aktifitas berat tadi untuk sementara waktu. Tentunya selama Ibu mengandung buah hati.

Sementara itu, cobalah untuk melakukan aktifitas ringan sebagai upaya untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh Ibu sendiri. Contohnya adalah berjalan di pagi hari di sekitar rumah.

Atau Ibu juga bisa melakukan senam ibu hamil yang mana bermanfaat untuk janin dan juga Ibu sendiri.

Cukupkan Waktu Istirahat

Info ibu hamil yang berkaitan dengan menjaga kandungan adalah mencukupkan istirahat di tiap harinya.

Istirahat ini diperlukan untuk menghindari faktor kelelahan, stress dan lain sebagainya. Dengan kata lain istirahat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan fisik maupun psikis seorang ibu.

Pasalnya, sewaktu mengandung, ibu hamil akan lebih mudah untuk emosi dan lelah. Jika ini dibiarkan, konsekuensinya adalah muncul sejumlah gangguan yang nantinya berpengaruh langsung pada janin. Oleh karenanya, istirahatkan tubuh Ibu secukupnya.

Kesimpulan dari cara menjaga kehamilan adalah selalu jaga asupan makan, beraktifitas yang ringan, dan istirahat yang cukup selama mengandung. Buah hati yang dirindukan ini akan sehat dan terlahir dengan fisik yang sempurna jika ibu menerapkan cara menjaga kehamilan.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*