10 Hal Penyebab Kerontokan Rambut pada Remaja

rambut-rontok www.novuhair.com

Masalah kerontokan rambut umumnya terjadi pada orang lanjut usia. Namun, bukan berarti para remaja tidak mungkin mengalaminya loh. Saat ini, semakin banyak keluhan-keluhan akibat masalah rambut rontok pada remaja. Kira-kira apakah penyebab kerontokan rambut pada remaja? Mari simak artikel di bawah ini.

Apa itu rambut rontok?

Rambut rontok dapat disebabkan oleh rambut yang rusak, sehingga patah dan akar rambut yang kurang kuat. Rambut rusak dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, misalnya sering menggunakan hair dryer dan sering mengecat rambut. Akar rambut yang kurang kuat dapat disebabkan oleh penggunaan obat tertentu dan faktor keturunan. Umumnya rontoknya rambut per hari berkisar pada jumlah 100-150 helai rambut.

Hal-hal yang Menyebabkan Rontoknya Rambut pada Remaja

  • Gangguan pada hormon

Umumnya gangguan pada hormon yang menyebabkan kerontokan rambut merupakan faktor keturunan. Hormon Dihydrotestosterone (DHT) dapat menyebabkan kerontokan rambut baik pada remaja maupun orang dewasa.

  • Terlalu banyak menggunakan produk dengan zat kimia

Bahan-bahan kecantikan untuk rambut umumnya menggunakan bahan-bahan kimia yang berpotensi merusak rambut apabila digunakan berlebihan dan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, jika kamu mengalami masalah kerontokan rambut, hindarilah melakukan pewarnaan pada rambut, rebounding, mengikalkan atau mengeriting rambut terlalu sering.

  • Terlalu sering menggunakan alat penata rambut

Umumnya alat penata rambut menghasilkan panas yang dapat membuat akar rambut kering dan membuat rambut lebih rentan rusak atau patah. Hindarilah menggunakan alat pencatok rambut, hair dryer, dan alat pemanas saat melakukan creambath maupun hair mask. Untuk menggantikannya kamu dapat menggantinya dengan menggunakan handuk yang dicelupkan pada air hangat.

  • Diet ketat

Kebanyakan remaja yang melakukan diet tidak disertai dengan pengetahuan akan diet yang baik dan tepat. Para remaja hanya beranggapan diet = mengurangi makanan. Oleh karena itu, kebutuhan gizi sering kali tidak tercukupi saat berdiet. Hal ini dapat menyebabkan terjadi kerontokan pada rambut.

  • Penggunaan obat-obatan tertentu karena penyakit

Beberapa obat yang dikonsumsi saat dalam proses penyembuhan penyakit dapat menyebabkan rambut rontok.

  • Terlalu sering atau terlalu jarang keramas

Keramas berlebihan berpotensi menggunakan zat kimia pada shampoo secara berlebihan juga, sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Selain itu, rambut akan mudah rontok saat disisir maupun ditata saat basah. Di lain sisi, jarang keramas akan membuat kulit kepala berminyak, lembab, dan dapat menimbulkan masalah rambut berketombe. Pada keadaan tersebut, rambut akan semakin mudah rontok. Lalu, berapa jumlah yang lebih baik untuk keramas? Umumnya, keramas sebaiknya dilakukan dua hari sekali.

  • Terlalu sering mengikat rambut dan terlalu kencang mengikat rambut

Rambut yang diikat terlalu kencang dapat menarik akar rambut, sehingga rambut pun akan rontok dan terkadang diiringi dengan rasa sakit kepala. Jika hal ini sudah terjadi, segeralah lepaskan ikatan rambutmu dan apabila memungkinkan periksakan diri ke dokter.

  • Gangguan emosional (stress)

Rambut rontok juga dapat disebabkan karena kondisi emosional sedang kurang baik. Perasaan tertekan atau stress berlebihan dapat menyebabkan kerontokan pada rambut karena menyebabkan otot syaraf kepala menegang dan dapat menyebabkan akar rambut melemah.

  • Terlalu sering terkena sinar matahari dan polusi

Berada di bawah sinar matahari terlalu lama dapat mengurangi kesehatan rambut karena menyebabkan keratin (protein yang berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut) berkurang.

  • Jamut dan infeksi

Jika terjadi infeksi pada kulit kepala, segeralah diobati agar tidak menyebabkan kerontokan pada rambut. Jika sudah terjadi, untuk mengurangi atau mengatasi akibatnya, kamu dapat menggunakan anti jamur.

Sudah tahu hal-hal apa sajakah yang dapat menyebabkan rambut rontok bukan? Mari berusaha mengurangi melakukan hal-hal tersebut agar kesehatan rambut lebih terjaga.

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Google Plus

Leave a comment

Your email address will not be published.


*